Senin, 21 Desember 2015

Cara Menanam Merica Cukup Mudah

Merica atau lada merupakan diantara satu model rempah-rempah bersifat biji yg dipanen dari tanaman dengan nama yg sama. Kegunaan merica juga sebagai rempah-rempah penghangat badan benar-benar diperlukan oleh warga di semua dunia sejak mulai zaman dulu, tersebut mengapa bangsa Eropa pada waktu selanjutnya berdatangan ke Indonesia sampai terbentuklah kolonialisme yg diawali terlebih dulu dengan mendaratnya bangsa Portugis saat kali pertama di Maluku.



Langkah menanam merica tidaklah terlampau sukar, bahkan juga karena amat gampangnya tanaman merica nyaris mampu tumbuh di semua lokasi tropis di Indonesia. Budidaya merica yg dilaksanakan oleh banyak petani juga sebagai komoditi ekspor Indonesia.
Merica atau lada dari Indonesia udah di kenal di semua dunia juga sebagai komoditi dengan mutu paling baik. Jadi andaikan Anda pingin coba utk budidaya merica, potensi pasarnya benar-benar terbuka lebar dari pasar lokal sampai mancanegara. Sedetilnya inilah langkah menanam merica, rempah kecil andalan ekspor Indonesia yg mendunia :
Ketentuan Tumbuh Merica
•    Cara menanam merica yg baik ada di area dengan curah hujan pada 2. 500 – 3. 000 mm/th..
•    Mendapat cahaya matahari kira-kira 10 jam/hari dengan suhu hawa 20 – 34 derajat celcius.
•    Tahan subur dengan PH 5 – 7, dan ada di ketinggian pada 300 – 1. 500 mtr. di atas permukaan laut menjadi area yg pas utk langkah menanam merica.
•    Contoh tanah yg baik utk langkah menanam merica salah satunya model lateritic, utisol, podsolik, serta latosol.



Pembibitan Merica
Langah awal utk langkah menanam merica merupakan tentukan bibit unggul biar tanaman merica yg dihasilkan mampu membuahkan panen yg optimal. Berapa ciri bibit merica unggul salah satunya :
•    Bibit merica bebas dari hama serta penyakit
•    Bibit datang dari tanaman induk merica yg sehat
•    Kemurnian bibit merica terjamin
•    Untuk satu hektar area, diperlukan kira-kira 2. 000 bibit merica

Memproduksi Area Langkah menanam Merica
•    Cangkul lahn sedalam 30 cm sampai jadi gembur
•    Untuk tanah ber PH kurang dari 5, imbuhkan kapur dolomite 500 kwintal pada area lantas diamkan sepanjang 4 minggu sebelum saat periode tanam dimulai
•    Berikan pupuk kandang yg udah difermentasikan utk menaikkan kesuburan area, serta diamkan kembali sepanjang 2 minggu biar nutrisi tercampur prima didalam area.



Langkah Menanam Merica

•    Cara menanam merica mampu dilaksanakan dengan sistem monokultur atau tumpangsari dengan jarak antar tanaman 2 x 2 mtr..
•    Buatlah lubang tanam bersifat limas dengan kedalaman 50 cm, ukuran bawah 40 x 15 cm, dan ukuran atas 40 x 35 cm.
•    Diamkan lubang tanam sepanjang 2 minggu sebelum saat mulai menanam
•    Waktu utk mengawali langkah menanam merica yg baik merupakan di muka musim penghujan waktu pagi atau sore hari utk menjauhi sinar matahari perihal bibit yg baru ditanam.
•    Setelah bibit di tanam, taburkan pupuk kompos dengan dosis 100 gr/tanaman lantas sirami dengan air sesuai kebutuhan.

Langkah Pemeliharaan Tanaman Merica

Pembuatan Sulur
Buatkan atap diatas tanaman merica dengan bahan bamboo atau kayu, lantas ikatkan tali dari atap serta julurkan ke bawah sampai perihal tanaman juga sebagai media utk merambat.

Penyiangan Tanaman
Langkah menanam merica juga dibutuhkan pembersihan rumput atau gulma yg mengganggu di lebih kurang tanaman, jalankan penyiangan teratur setian 3 bln. sekali.

Perempelan Tanaman
Pangkaslah batang, ranting, atau dahan tanaman yg layu atau terindikasi di serang hama penyakit utk meremajakan tanaman merica.

Pemupukan Susulan
Seperti pada tanaman yang lain, langkah menanam merica juga butuh pemupukan susulan utk memelihara nutrisi tanah biar konsisten terbangun. Jalankan pemupukan susulan tiap tiap 6 bln. sekali dengan pupuk kandang atau kompos.

Penyiraman Tanaman
Utk memelihara tanaman merica biar tumbuh dengan baik, jadi jalankan penyiraman dengan cara teratur satuhari sekali dan jadikan drainase yg baik biar kala musim hujan tiba, air tdk menggenangi area budidaya merica.



Panen Merica
Dengan mempraktekkan langkah menanam merica yg sama sesuai petunjuk budidaya, jadi Anda udah mampu memanen merica saat usia tanaman beranjak umur 3 th.. Beberapa ciri tanaman merica siap panen merupakan tangkai biji atau buah mulai kelihatan menguning dan warna buah kuning kemerahan.
Langkah memanen merica yakni dengan mematahkan tangkai buah pada ketiak dahan dengan memanfaatkan tangan. Dengan laksanakan langkah menanam merica yg benar, tanaman merica Anda mampu senantiasa di panen sampai umur produktif tanaman kira-kira 8 sampai 15 th. terkait dari varietas bibit merica yg Anda tanam.

Demikian kabar singkat perihal langkah menanam merica, mudah-mudahan berfaedah.

Baca Juga : Cara Budidaya Markisa Secara Generatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar